Bank Sampah Rangga Mekar Disambangi Delegasi Timor Leste

Upaya Kota Bogor untuk mengelola dan mengolah sampah mendapat apresiasi dari negeri tetangga, Timor Leste. Sebanyak 13 orang rombongan yang berasal dari bumi Lorosa’e tersebut mengunjungi TPS 3R Rangga Mekar di Kelurahan Rangga Mekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kamis (17/12). Rombongan Timor Leste yang diketuai Miguel Pereira de Carvalho, Dirjen Urban Organization yang berada dibawah Kementerian Dalam Negeri Timor Leste meninjau lokasi dengan didampingi Kabid PPS DKP Kota Bogor Dian Herdiawan dan seorang purna bhakti Kementerian PU.

Dihadapan rombongan, Dian Herdiawan menerangkan proses administrasi dan pengolahan bank sampah. "Bank sampah ini tidak profit interest tetapi lebih social interest. Kedepannya kami akan mengikutsertakan salah seorang pengurus bank sampah untuk belajar tata cara pengolahan sampah di Jepang," tutur Dian.

Sementara itu Ketua Pengelola Bank Sampah Rangga Mekar Sandi Adam, memberikan penjelasan kepada tim dari Timor Leste seputar awal pendirian bangunan, peresmian, hingga kegiatan operasional. “Selama satu tahun berjalan, proses sosialisasi yang dijalankan tim Bank Sampah Rangga Mekar membuahkan hasil, masyarakat mulai sadar akan pentingnya pengelolaan dan pengolahan sampah,” ujarnya. Harga perkilo sampah memiliki perbedaan tergantung jenisnya. Seperti gelas air mineral yang perkilonya dihargai 4000 rupiah, sementara kantong plastik dihargai 100 rupiah. Untuk besi harganya bisa berkisar mulai dari 5000 hingga 50000 ribu rupiah perkilo.

Selain operasional Bank Sampah, Sandi juga menerangkan kendala dan permasalahan yang dihadapi. "Kami optimis dalam tiga tahun, Bank Sampah ini akan menghasilkan social-prenuer. Yang memotivasi kami selama ini adalah karena ingin memberikan kontribusi positif bagi wilayah kami sesuai kemampuan kami. Dari pertama berdiri sampai sekarang jumlah nasabah kami sudah berjumlah 178," ujar Sandi yang setiap minggunya bersama "staf" Bank Sampah menjual hasil rumah kreatifnya di Lapangan Sempur.

Usai mengunjungi bank sampah Rangga Mekar, studi banding berlanjut dengan kunjungan ke fasilitas nursery Taman Heulang Kecamatan Tanah Sareal dan diakhiri dengan mengunjungi TPS 3R  Tanah Baru. “Setelah mengunjungi TPS dan taman ini, kami sangat terkesan sekali mulai dari sarana prasarana hingga pengelolaan sampah dan pembangunan taman-taman di Kota Bogor. Ini merupakan model pengolahan sampah yang baik yang akan kami coba aplikasikan di Timor Leste,” cetus Miguel Pereira.

Dari 56 Bank Sampah yang ada di Kota Bogor, Bank Sampah Rangga Mekar merupakan bank sampah ke-13 yang didirikan Pemerintah Kota Bogor dan diresmikan pada Februari 2015 silam. Bangunan Bank sampah ini menjadi satu dengan Rumah Kreatif 3R Nusantara. Selain dari Timur Leste, TPS 3R Kota Bogor juga mendapat kunjungan dari Yogyakarta dan Sleman. (rahmat) dkw

Latest Galeri

Kontak Kami

Alamat Kantor :
-

E-mail :
kel.ranggamekar@kotabogor.go.id

No Telepon :
-